Lezatnya Pempek Palembang

13 November 2012 at 7:44 am Tinggalkan komentar


pempek palembangPalembang darusalam merupakan salah satu kota di provinsi sumatera selatan atau lebih tepatnya sebagai ibu kota provinsi sumsel. kota palembang sangat terkenal dengan jembatan ampera, sebuah jembatan tua yang menghubungkan antara hulu dan hilir kota palembang. jika teman teman berkunjung ke palembang pastilah melewati jembatan ini, kalau mau menikmati keindahanya silahkan datang malam hari pasti akan terpukau dengan gebyar dan elok lampu yang menghiasinya.

Selain itu palembang juga terkenal dengan makanannya loh !… ada yang tahu apa nama makanan khas kota ini ?..ya sudah aku kasih tahu saja dari pada kelamaan mikir atau malah buka internet lalu browsing mencari nama makanan ini… makanan khas kota palembang ialah pempek atau empek-empek. makanan yang satu ini cukup populer menurut saya, soalnya bukan hanya di kota ini saja ada pempek di kota kota lain juga ada. tetapi masih enek dan lezat dari sini kata orang-orang pecinta kuliner…

Dari sejarah yang berkembang dipalembang, pempek sudah ada sejak abad ke-16 saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan palembang darusalam. Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Si apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya berkeliling dengan sepeda dan pembelinya sering mengejarnya dengan terburu-buru, maka dengan spontan para pelangganya sering memanggilnya dengan sebutan “pek” “sipek” “apek” (apek dalam bahasa tionghua berarti paman) , dan sering kali diucapkan berulang menjadi “pek pek” maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai pempek palembang atau empek-empek palembang.

itu tadi sekilas sejarah asal mula munculnya makanan yang menjadi makanan khas kota palembang ini.  sedangkan untuk jenis dari pempek ini ada beberapa antaralain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek lenggang, pempek adaan, pempek telor, pempek kriting, dan mungkin masih ada lagi yang lain, silahkan cari tahu sendiri dengan cara menyusuri jejak jejak pempek ini ( silahkan tanya ke orang-orang yang tau maksut saya )…

Pentung Untuk Dibaca
Dipalembang banyak penjual pempek yang enek enek & lezattt tentunya, tapi ada beberapa tempat yang lebih makyusss.. silahkan kalo main ke palembang keliling untuk mencicipi pempek ini, jangan cuma mencicipi tapi juga bawa buat oleh oleh juga. kalo kiranya bingung mau cari dimana bisa ajak saya, nanti tak bantuin cari .. dengan harapan ikut ditraktri tentunya…hahahha ( bercanda lah ini , tapi bisa serius jg lah……: )

Iklan

Entry filed under: Kuliner. Tags: , , , , , , .

Kisah Penjual Tempe Membuat Bingkai Atau Frame di Artikel Blog wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Hosting Gratis Lapak Instan

Sites Meters

free counters
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

%d blogger menyukai ini: