File video AVI dan strukturnya

18 Maret 2013 at 2:32 am Tinggalkan komentar


Audio Video Interleave (AVI) merupakan salah satu format video paling tua yang dibuat oleh Microsoft untuk dijalankan pertama kali pada Windows 3.1 dan merupakan format video yang dapat dijalankan pada sistem operasi Windows. Video yang dialirkan (streaming) pada avi merupakan rangkaian-rangkaian bitmap dan disimpan dengan ekstensi *.avi.

Format avi memiliki pilihan berbagai metode kompresi-dekompresi (codec), antara lain: Cinepak, Indeo, Microsoft Video 1, Clear Video (IVI), dan lainnya. Setiap berkas avi dapat menggunakan codec yang berbeda-beda tetapi memiliki dampak jika pengguna ingin menjalankan suatu berkas avi pada komputer sementara codec yang digunakan berkas avi itu belum terinstal pada komputer, maka berkas tersebut tidak akan dapat dijalankan.

Pada format avi terdapat 3 bagian utama yang merupakan komponen penyusun audio dan visual pada file avi yaitu avi header, avi stream dan avi frame. File avi dimulai dengan header utama. Pada file avi, header ini ditandai dengan 4 karakter kode. Header mengandung informasi utama yang terdapat pada file avi, yaitu kecepatan maksimal data per-detik dari file avi, kode untuk metode penggunaan file avi (misal: Hasindex, Mustuseindex, Copyrighted), metode kemampuan file avi (misal: Can Read, Canwrite, Allkeyframe, Nocompression), jumlah stream pada file, sebagai contoh pada file yang mempunyai audio dan visual akan mempunyai 2 stream, ukuran buffer yang digunakan untuk menyimpan data file avi pada memory, tinggi dan lebar dari sekuensial file avi, skala waktu yang digunakan pada keseluruhan file avi, jumlah sampel dari file avi, panjang / lama waktu file avi, jumlah stream yang ditambahkan atau dihilangkan dari file serta deskripsi tipe file.

Sedangkan avi stream terdiri dari 2 jenis yaitu stream video dan stream audio, stream audio tidak harus terdapat di dalam suatu file avi. Pada bagian stream video ini berisi data yaitu tipe stream yang didefinisikan dengan 4 karakter kode, handler yang menangani kompresi saat file disimpan, kode untuk metode penggunaan stream (misal: Avistreaminfo Disabled, Avistreaminfo Enabled), metode, prioritas, bahasa yang digunakan oleh stream, skala waktu yang digunakan, jumlah sampel stream, posisi frame awal, panjang / lama waktu stream, spesifikasi ukuran dari pergeseran audio dan video data pada file avi, ukuran buffer yang digunakan untuk menyimpan data file avi pada memori, kualitas data video pada stream, ukuran sebuah sampel data pada stream, dimensi frame, jumlah dari proses pengeditan stream yang pernah dilakukan, jumlah dari proses pengeditan format stream yang pernah dilakukan serta deskripsi nama stream.

Frame pada stream video yang terdapat pada file avi merupakan suatu data yang berbentuk DIB (Device Independent Bitmap). Bentuk DIB secara umum terdiri dari 3 bagian utama yaitu bitmap file header yang berisi informasi tentang tipe, ukuran, dan layout dari file DIB, bitmap info yang terdiri dari 2 struktur utama yaitu bitmap info header dan rgbquad, serta data piksel-piksel penyusun gambar yang terdapat pada frame. Bentuk format file bitmap terdapat pada gambar 2.2 (Rudy, 2008). Struktur dasar dari avi berasal dari struktur file umum Resource Interchange File Format (RIFF), yang membagi data file menjadi blok atau chunks. Tiap chunk diidentifikasikan dengan kode yang disebut FOURCC (four character code). Struktur file avi dapat dilihat pada tabel 2.1. File avi dimulai dengan header utama dan diakhiri dengan index. Jika header tidak ada pada awal file, maka file avi tidak bisa digunakan. Dan jika index tidak berada diakhir file, maka file avi tidak bisa dimainkan pada beberapa player. Struktur chunk memiliki kelebihan yaitu chunk yang tidak dikenali bisa diabaikan (Benny, 2008). Strukstur AVI

 Struktur File Bitmap

Tabel . Struktur file AVI

RIFF ‘AVI’ ‘Audio/Video Interleaved file
LIST ‘hdrl’ ‘Header LIST
‘avih’ ‘Main AVI header
LIST ‘strl’ ‘Video stream LIST
‘strh’ ‘Video stream header
‘strf’ ‘Video format
LIST ‘strl’ ‘Audio stream LIST
‘strh’ ‘Audio stream header
‘strf’ ‘Audio format
LIST ‘movi’ ‘Main data LIST
‘01wb’ ‘Audio data
‘00dc’ ‘Video frame
 
‘idx1’ ‘Index
Iklan

Entry filed under: Belajar, Komputer. Tags: , , , , , , , , , , , .

Amanah Itu, Bu. Kembangkan Usaha Dengan Toko Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Hosting Gratis Lapak Instan

Sites Meters

free counters
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

%d blogger menyukai ini: